Kamis, 12 November 2009

KHUTBAH IDUL FITRI

الله اكبر 9 ×
الله اكبر كبيرا / والحمد لله كثيرا / وسبحان الله بكرة واصيلا / لااله الا الله وحده / صدق وعده / ونصر عبده / واعز جنده / وهزم الأحزاب وحده / لااله الا الله ولا نعبد الا اياه مخلصين له الدين ولو كره الكافرون
الله اكبر ولله الحمد.
الحمد لله الذي سَهَّلَ لِلْعِبَادِ طَرِْيْقَ العبادة ويسّر / ووفّاهم اجورهم اعمالهم من خزائن جوده التي لاتحصر / وجعل لهم يوم عيد يعود عليهم في كل سنة ويتكرر / وزكى ابدانهم من درن السيئات وطهر / احمده سبحانه وهو المستحق لان يحمد ويشكر / واشهد ان لا اله الا الله وحده لا شريك له الملك العظيم الأكبر / الذي جعل لكل شئ وقـتا واجلاوقدر / واشهد ان محمدا عبده ورسوله الشافع المشفع في المحشر / اللهم صل وسلم على عبدك محمد وعلى آله واصحابه الذين اذهب الله عنهم الرجس وطهر /
اما بعد ، فيا ايها الناس اتقوا الله تعالى / واعلوا ان يومكم هذا يسمى يوم الجوائز / فيرجع فيه من المصلى كل بما قسم له فائز / فالمحسنون يجدون في صحافهم العز والكرامة / والمذنبون يجدون الخيـبة والندامة.

Sdr. Kaum muslimin muslimat siding id yang berbahagia.
Marilah kita senantiasa bertakwa kepada Allah dengan menjalankan semua perintah Nya dan menjauhi semua larangan Nya.
Allahu akbar 3x walillahil hamd.
Saudara kaum muslimin muslimat siding Id yang berbahagia.
Pada hari ini marilah kita bersyukur kepada Allah dengan datangnya hari raya idul fitri, hari yang sangat berbahagia bagi kita kaum muslimin. Sbb mrpkn hari kemenangan dimana kita semua selama sebulan penuh telah berhasil menunaikan ibadah puasa dengan sempyurna. Bahkan bersamaan dengan itupula kita telah berhasil memerangi hawa nafsu dan syahwat, menjauhi segala kemaksiatan spt berdusta, menggunjing orang, menipu menghasud, dengki dll. dari semua perbuatan yang tercela. Sebaliknya selama satu bulan itu kita telah berhasil meningkatkan amal saleh, menjalankan solat tarawih, tahajud, bertadarrus, memperbanyak sedekah dll dari amal yang terpuji dan mulia.
Hari ini kita sebut hari kemenangan, krn kepulangan kita dari tempat ini menuju rumah masing2 akan membawa pahala yang dibagikan oleh Allah.
Orang2 yang telah berbuat kebajikan, mrk akan memperoleh di dalam buku catatannya keluhuran dan kemuliaan. Sedang orang2 yang berbuat dosa, mrk juga akan memperoleh di dalam buku catatannya kerugian dan penyesalan..
Dari Ibnu Abbas ra. Di dalam hadis yang marfu’ ada disebutkan sbb:
اذا كان يوم العيد الفطر هبطت الملائكة الى الأرض في كل بلد فيقفون على افواه السكك ينادون بصوت يسمعه جميع من خلق الله الا الجن والانس. يا امة محمد ، اخرجوا الى رب كريم . يعطي الجزيل ويغفر الذنب العظيم ، فإذا برزوا الى مصلاهم ، قال الله عز وجل : يا ملائكتي ما جزاء الأجير اذا عمل عمله؟ فيقولون : الهنا ان توفـيه اجره ، فيقول : اشهدكم اني جعلت ثوابهم من صيامهم رضائى ومغفرتى ويقول : سلونى فوعزتي وجلالي لاتسئلوني شيئا فـي جمعكم هذا لآخرتكم الا اعطيتكموه ولا لدنياكم الا نظرت لكم ،
انصرفوا مغفورا قد ارضيتموني ورضيت عنكم
Apabila telah datang hari raya maka turunlah para malaikat ke bumi ti tiap Negara. Lalu mrk berhenti di setiap ujung jalan seraya berseru dengan suara yang dapat didengar oleh setiap makhluk Allah kecuali jin dan manusia.: hai umat nabi Muhammad, keluarlah kalian untuk menghadap[ tuhan yang maha pemurah, yang memberi kenikmaytan dan mengampuni dosa besar. Pd waktu itu apabila mrk keluar menuju ke tempat sholat hari raya, maka Allah berfirman: hai malaikatku, apa balasan buruh bila ia telah mengerjakan pekerjaannya? Para malaikta menjawab: wahai Tuhan kami, sempurnakanlah pahalanya. Lalu Allah berfirman: sekarang aku saksikan kepadamu sekalian, sesungguhnya aku jadikan keridoan dan pengampunan ku sebagai pahala mereka dalam menjalankan ibadah puasa dan solat mereka. Allah berfirman lagi: mintalah kalian kepada ku. Demi keagungan dan keluhuranKu pada hari ini, kamu sekalian tidak minta kepada ku perkara apa saja yang berguna bagi akhirat kalian kecuali Aku pasti memberinya. Sekarang bubarlah kalian dengan m,embawa ampunan krn kalian telah rido mengikuti perintahKu dan begitu pula Aku rido kepada kalian.
Allahu akbar 3x walillahil hamd.
Saudara kaum muslimin muslimat siding Id yang berbahagia.
Di dalam hari raya Idul Fitri ini kita kaum muslimin diwajibkan mengeluarkan zakat fitrah. Baik laki2 maupun wanita, merdeka atau budak belian, besar atau kecil. Semuanya diwajibkan mengeluarkan zakat fitrah sebanyak kurang lebih 2.5 kg berupa beras. Bagi anak2 atau budak belian, maka orang tua atau majikannyalah yang wajb mengeuarkan zakatnya.
Kewajiban mengeluarkan zakat fitra ini adalah manifestasi dari rasa social kita kepada fakir miskin yang hidupnya selalu dalam kesulitan. Kalau dalam suasana yang gembira dan bahagia ini kita tidak mau peduli dengan nasib mrk, maka sungguh kasihan mereka. P[adalah agama islam diturunkan kepada kita ini tiada lain adalah untuk menuntun kita ke jalan yang lurus dan terpuji. Jalan yang benar dan diridoi. Saling tolong menolong dalam perbuatan baik.
Allah berfirman (al Maidah: 2)
Dan bertolong menolonglah dalam kebaikan dan taqwa, dan jangan bertolong menolong dalam perbuatan dosa dan permusuhan. Bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah maha pedih siksanya.
Oleh sbb itu, Allah mewajibkan zakat fitrah kepada seluruh umat Islam yang mempunyai kelebihan jatah makan untuk sehari semalam pada hari raya itu bagi dirinya sendiri dan orang yang menjadi tanggungannya.
Rasulullah saw bersabda dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim yang bersumber dari Ibnu Umar ra:
فرض رسول الله ص.م. زكاة الفطر من رمضان على الناس صاعا من شعير على كل حر او عبد ذكر او انـثى.
Rasulullah saw telah mewajibkan zakat fitrah pada bulan Ramadhan satu sha’ dari kurma atau satu sha’ dari gandum kepada setiap orang merdeka atau budak belian, laki2 atau perempuan.
Allahu akbar 3x walillahil hamd.
Saudara kaum muslimin muslimat siding Id yang berbahagia.
Sebagaimana fungsi zakat adalah untuk membersihkan harta benda yang kita miliki, maka fungsi zakat fitrah pun untuk membersihkan diri kita dari segala noda. Artinya dengan zakat fitrah kita dibersihkan dari sifat2 yang keji dan kotor, baik sifat kikir, tamak, sombong, dengki dll dari semua sifat2 yang tercela. Maka berbahagialah kita krn kita telah dapat menyelesaikan ibadah puasa kita elama satu bulan penuh, solat tarawih, berdzikir tengah malam dan kemudian di akhir bulan puasa kita keluarkan zakat fitrah.
Allah berfirman dl Al a’la : 14-15
Sesungguhnya beruntunglah orang yang membersihkan diri (dengan beriman) dan dia ingat kepada Tuhan nya, lalu dia shalat.
Sedemikian besar faedah zakat fitrah ini sehingga Allah menggantungkan diterimanya ibadah puasa itu bila orang sdh membayarkan zakat fitrahnya.
Rasulullah bersabda:
صوم رمضان معلق بين السماء والأرض ولا يرفع الا بزكاة الفطر
Puasa Ramadhan tergantng diantara langit dan bumi dan tidak diangkat menghadap Allah kecuali dengan zakat fitrah. HR Abu Hafs.
Maksud hadis ini adalah bhw puasa Ramadhan yang telah dikerjakan satu bulan itu tidak bakal diterima Allah sebelum dikeluarkan zakat fitrahnya.
Allahu akbar 3x walillahil hamd.
Saudara kaum muslimin muslimat siding Id yang berbahagia.
Sesuai dengan kebesaran hari raya idul fitri ini., maka Allah telah menghalalkan kepada kita sekalian untuk makan dan minum, sebaliknya pada hari ini kita dilarang berpuasa.
Oleh sbb itu marilah kita bersyukur kepada Allah serta meningkatkan ketaqwaan kepada Nya, dengan memperbanyak amal kebaikan. Sebagaimana yang telah biasa kita lakukan marilah kita saling bermaaf2an diantara kita atau dengan orang yang selama ini bermusuhan, marilah kita bersilaturahim dengan saling kunjung mengunjungi, berziarah kepada orang tua, kepada para guru, para panisepuh, dan orang2 yang perlu kita ziarahi. Mari kita pererat tali persaudaraan sesame umat Islam, kita hapus segala bentuk perselisihan, kemudian kita ganti dengan saling kasih saying, sehingga benar2 terasalah makna hari raya idul fitri yang kita sambut hari ini.
Tersebut dalam sebuah hadis, bhw Rasul telah bersabda:
ثلاث من كن فيه حسبه الله حسابا يسيرا ، وادخله الله الجنة برحمته ، قالوا : وما هن يا رسول الله؟ قال: تعطي من حرمك ، وتصل من قطعك ، وتعفوا عمن ظلمك ، فإذا فعلت ذلك تدخل الجنة .
Ada 3 perkara, brsp mau mengamalkannya, niscaya Allah akan menghisabnya dengan hisab yang ringan, dan memasukkannya ke dalam surga dengan rahmatnya . para sahabat bertanya ya rasulullah, apa 3 perkara itu? Beliau menjawab: Kamu mau memberi kepada orang yang tidak pernah memberimu, kamu menyambung tali persaudaraan dengan orang yang telah memutuskan tali persaudaraan dengan mu, kamu mau memberi maaf kepada orang yang telah menganiayamu. Jika kamu telah berbuat spt itu, niscaya kamu bakal masuk surga.
Allahu akbar 3x walillahil hamd.
Saudara kaum muslimin muslimat siding Id yang berbahagia.
Tadi malam semalam suntuk kita telah menyambut hari raya dengan takbir, tasbih dan tahmid. Pertanda Bulan Ramadhan yang penuh berkah telah kita lampaui. Kita sekarang berada di bulan Syawal 1429 H. Tentu saja suasananya telah berubah, tidak spt di bulan Ramadhan. Oleh krn itu kita hrs waspada. Jangan sampai kegiatan beribadah yang selama bulan Ramadhan telah kita tekuni itu lalu menjadi kotor kembali. Kalau di bulan Ramadhan giat bangun malam untuk solat tahajud, maka kegiatan itu jangan lalu kita hentikan. Akan tetapi hrs kita tingkatkan, termasuk pula ibadah2 lainnya. Sebab bukanlah termasuk orang beruntung jika prosentase ibadahnya semakin hari menjadi semakin menurun.
Mudah2an Allah SWT memmberikan kekuatan iman dan islam untuk menjalankan perintah2Nya dan mmenjauhi larangan2nya, sehingga kita menjadi hambanya yang pandai bersyukur. Amin.
جعلنا الله واياكم من العائدين الفائزين السائلين الغانمين المقبولين . وادخلنا واياكم فى زمرة عباده الصالحين، اعوذ بالله من الشيطان الرجيم ، واما من خاف مقام ربه ونهى النفس عن الهوى ، فإن الجنة هي المأوى
وقل رب اغفر وارحم وانت خير الراحمين

***

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar